3 Bangunan Dengan Konstruksi Salah

Seorang arsitek tentu akan mempertimbangkan berbagai unsur dalam merencanakan pembangunan, Hal ini menyebabkan seorang arsitek harus benar-benar teliti ketika akan merancang desain sebuah bangunan. Tapi namanya juga manusia, beberapa bangunan di dunia ini justru dianggap sebagai kesalahan fatal karena bisa menimbulkan bahaya bagi manusia

  1. Gedung Lian Yak (Hotel New World), Singapura

    Sebelum membangun sebuah bangunan, para arsitek harus mengalkulasikan beban mati dan beban hidup bangunan tersebut. Namun tidak bagi arsitek gedung Liang Yak di Singapura ini. Pada 1986, gedung yang berisi hotel, bank, dan klub malam ini runtuh dan memakan 33 korban jiwa. Hal ini karena arsiteknya hanya mengalkulasikan beban hidup bangunan tersebut, berupa beban pengunjung, furnitur, dan lain-lain, tanpa mempertimbangkan berat gedung itu sendiri.

  2. The Lotus Riverside, Cina


    Robohnya salah satu apartemen di Shanghai, Cina ini disinyalir karena kecerobohan pekerja bangunan yang membuang tanah bekas galian sembarangan. Ketika membangun area parkir di bawah gedung, para pekerja justru membuang tanah bekas galiannya ke dekat areal pembuangan sampah. Akibat penumpukan yang terjadi, tepian dinding sungai di dekatnya menjadi runtuh dan menyebabkan air sungai meresap ke bagian basement.

    Baca Juga : Jembatan Dari Konstruksi Bangunan

  3. Perpustakaan W.E.B Du Bois, Amerika Serikat


    Gedung yang dibangun 1974 ini menjadi perpustakaan tertinggi di AS dengan 26 lantai. Dua bulan setelah berdiri potongan-potongan bata dilaporkan mulai berjatuhan. Menurut beberapa ahli, hal itu terjadi karena kegagalan arsiteknya menghitung beban buku-buku disana. Akhirnya pada 1979, sebanyak 60 ribu buku dipindahkan dan beberapa ruangan ditutup untuk mengurangi beban Pada 1986 dilakukan renovasi besar-besaran yang menghabiskan dana 2,3 juta dolar. Namun masalah tidak berhenti sampai disitu. Bangunan ini dikabarkan mulai amblas ke dalam tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *