Proses fabrikasi sendiri merupakan langkah dari perusahaan chip untuk mendapatkan win-win solution yang secara garis besar memproduksi chip yang sekecil mungkin dengan kualitas dan performa yang lebih baik yang dapat meningkatkan jumlah produksi dan memangkas biaya produksi secara efisien.

Proses Fabrikasi itu sendiri secara umum dibagi menjadi 3 bagian, yang antara lain:

  • Bagaimana Chip Dibuat
  • Seberapa Besar Ukuran Chip
  • Menggunakan Teknik Apa
Tahapan fabrikasi pada struktur baja yaitu:
  1. Marking
    Tahapan ini merupakan tahapan awal dari proses fabrikasi, dimana dillaksanakan pemindahan gambar dari gambar kerja (shop drawing) material kerja/ bajadengan skala 1:1.

  2. Cutting
    Setelah proses pemindahan gambar ke material selesai, selanjutnya dilakukan pemotongan material. sehingga sesuai dengan shop drawing.

  3. Drilling
    Yang dimaksud dengan drilling yaitu proses pembuatan lubang pada benda kerja,yang nantinya akan menjadi tempat untuk pemasanagan baut. Titik mana sajayang harus diberi lubang, pedomannya tetap di shop drawing.

  4. Fitting/ Assembly
    Merupakan tahapan untuk menyatukan material bahan yang sudah terpotong pada proses cutting, menjadi satu komponen konstruksi baja yang sesuai dengan shopdrawing. Penyatuan potongan material pada tahap ini hanya dengan tack weldsaja. kemudian dilaksanakan pengecekan ukuran/ dimensi.

  5. Welding
    Apabila material sudah difitting dan dipastikan sudah sesuai dengan shopdrawing, baru masuk tahap berikutnya yaitu dilakukan pengelasan penuh,tentunya sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.

  6. Finishing
    Di tahap ini dilakukan proses pembersihan dari sisa proses fabrikasi, seperti : bekas pemotongan/ drilling yang masih tajam, bekas pengelasan, bekas alat bantuyang digunakan saat fitting dll.Untuk fabrikasi konstruksi baja, proses finishing sebaiknya dilakukan sebelum proses pengecatan, sehingga tidak merusak hasil pengecatan.

  7. Painting
    Pada tahap ini material yang sudah jadi akan dilapisi dengan cat, sehingga akandilindungi dari karat/ korosi. Tentunya dilaksanakan sesuai dengan spesifikasiyang telah ditentukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *