Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Plafon Gypsum

Pemasangan plafon gypsum adalah ide menarik untuk menciptakan plafon baru untuk menggantikan panel plafon lama. Sedangkan plester sudah tidak lagi menjadi satu-satunya bahan yang bisa digunakan untuk panel plafon. Panel plafon gypsum terbuat dari batuan sedimen yang kokoh dan relatif murah untuk diproduksi. Sejak dahulu, jenis batu ini telah digunakan oleh orang mesir untuk berbagai aplikasi bangunan.

Hasil gambar untuk Kelebihan dan Kekurangan Gypsum untuk Plafon

Selain triplek, material gypsum adalah pilihan pavorit untuk digunakan sebagai plafon rumah, salah satu alasan mengapa material gypsum dipilih untuk plafon adalah plafon yang dihasilkan rata, mulus dan tidak tampak sambungan. Di pasaran, gypsum tersedia dalam bentuk lembaran dengan ukuran 120cm x 240cm dengan ketebalan yang bervariasi antara 9mm hingga 15mm, namun adapula produsen yang memproduksi dalam ukuran khusus.

Warna gipsum tipe standar adalah putih dan abu-abu. Sedangkan untuk fungsi-fungsi khusus tersedia warna biru, hijau, merah muda, dan beige (krem). Papan gipsum bisa dipasang memakai rangka kayu atau metal (besi hollow). Pemasangannya memakai paku bila menggunakan rangka kayu. Sementara pada besi hollow menggunakan sekrup.

Ini beberapa kelebihan dari plafon gypsum:

  • Menghasilkan plafon yang rata dan mulus dan tidak tampak sambungan.
  • Dapat dibuat beragam bentuk, misalnya bertingkat (drop/up ceiling), bentuk kubah, dll.
  • Dipasaran banyak tersedia aksesoris dan hiasan, misalnya: lis, hiasan tengah, hiasan sudut, dan sebagainya.
  • Perawatan dan perbaikan lebih mudah, misalnya: jika ada bagian yang rusak maka tidak perlu untuk mengganti seluruh lembaran, cukup dengan memperbaiki bagian yang rusak saja dengan sistem dempul memakai kompon (plaster)
  • Pemasangan dapat dilakukan dengan cepat dan rapi
  • Tidak mudah terbakar dan tidak dimakan rayap.
  • Bisa dipasang dengan menggunakan rangka kayu maupun rangka besi (hollow).
  • Banyak tersedia dipasaran.

    Baca Juga :  Perbedaan Pondasi Bor Pile Dan Pondasi Strauss Pile

Dan ini beberapa kekurangan dari plafon gypsum

  • Tidak tahan terhadap air, jika terjadi kebocoran atap atau rembesan air mengenai plafon, maka akan meninggalkan noda bercak dan bahkan dapat menyebabkan hancur.
  • Tidak tahan benturan.

Ketika Anda akan membeli panel gypsum, Anda akan menemukan bahwa bahan ini tersedia dalam beberapa pola,warna, dan ukuran yang berbeda-beda. Pengukuran yang tepat harus dilakukan sebelum Anda pergi untuk membeli panel plafon jenis ini.

Selain itu,menggunakan jasa kontraktor profesional untuk menentukan jenis panel terbaik adalah ide yang sangat baik. Gypsum juga bisa dibeli dalam jumlah besar untuk ruang apapun yang mungkin memerlukan plafon gypsum dalam jumlah yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *