Salah satu hal yang mungkin perlu Anda ketahui yaitu bagaimana konstruksi baja bisa dibilang sedang mengalami perkembangan yang cukup pesat di Indonesia. Ada banyak pengusaha property yang menawarkan berbagai pilihan desain konstruksi yang didominasi material baja. Ada beberapa faktor yang mendorong banyaknya penggunaan material baja dan salah satunya yaitu semakin jarangnya kayu digunakan. Penggunaan kayu sendiri memang sebenarnya perlu dikurangi karena lahan hijau dan hutan yang menjadi produsen kayu semakin menipis. Semakin menipisnya lahan hijau dan hutan tentu bukan hal yang sepenuhnya baik karena bisa membawa dampak-dampak yang cukup buruk pada lingkungan. Baja sendiri merupakan produk yang kuat dan memiliki banyak kelebihan dibandingkan kayu dan salah satunya yaitu kelebihan yang berkaitan dengan sifat baja yang tahan rayap yang membuat material tersebut awet dan tahan lama.

  1. Dapat merancang desain bangunan secara utuh
    Salah satu keahlian yang dimiliki oleh seorang kontraktor ialah dapat merancang desain bangunan secara utuh. Seperti yang mungkin Anda ketahui, mendesain bangunan tidak dapat dianggap enteng karena harus merangcang bentuk dan ruang bangunan dengan tepat. Contoh, desain bangunan modelnya luas atau minimalis (yang tentunya sesuai dengan luas dan tinggi bangunan) agar kondisi rumah bisa nyaman untuk ditinggali. Tentu saja, hal tersebut bukan perkara mudah untuk dirancang bila tanpa keahlian yang mumpuni.
  2. Bisa memberi saran memilih material yang bagus
    Material bahan bangunan yang digunakan tentunya harus berkualitas agar bangunan bisa bertahan dalam jangka waktu panjang. Misalnya rangka atap baja ringan, pada umumnya kontraktor akan menyarankan menggunakan baja ringan jenis zincalume dibandingkan yang lain karena jenis material tersebut mempunyai lapisan yang cukup maksimum. Begitu juga dengan besi beton, semen, pasir, kayu, kaca, pipa, batu bata, keramik, dan lain-lain, kontraktor juga dapat memberikan gambaran mengenai material yang bagus untuk digunakan. Bayangkan jika Anda memilih material sebagai bahan bangunan tanpa pengetahuan yang cukup, bukan tidak mungkin dalam waktu dekat Anda akan melakukan renovasi kembali yang dapat menguras biaya lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.

    Baca Juga : Sifat Campuran Beton

  3. Mampu menganggarkan biaya secara matang
    Kontraktor juga akan membantu mengganggarkan biaya pembangunan rumah secara matang, mulai dari membeli material, membayar jasa para pekerja, sampai pembangunan selesai. Hal ini penting untuk dipersiapkan agar keuangan tidak kacau. Contoh, untuk membeli material dalam jumlah yang banyak diperlukannya keuangan yang memadai sekaligus dana darurat karena tidak menutup kemungkinan harga material menjadi meningkat. Jika tanpa persiapan yang matang, bukan tidak mungkin pembelian material bisa menyebabkan keuangan menjadi ambruk. Ingat, semakin banyak material yang digunakan maka akan semakin besar pula keuangan darurat yangmesti dipersiapkan
  4. Anda dapat mengetahui rencana anggaran biaya secara akuratPada dasarnya Anda dapat menghitung biaya pemasangan baja ringan secara mandiri.  Namun, bagi Anda yang tidak punya cukup waktu untuk melakukannya, tidak perlu bingung, aplikator baja ringan dapat membantu Anda menghitung total biaya yang harus Anda keluarkan untuk proyek Anda. Mereka akan memberikan perhitungan biaya yang sudah mencakup pembelian material dan pembayaran upah pekerja, biasanya dalam hitungan per meter. Merumuskan anggaran biaya dengan matang sebelum proyek dilaksanakan adalah hal yang mutlak dilakukan, demi mencegah pembengkakan biaya di akhir proyek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *