Di banyak kasus, baja struktural merupakan satu-satunya pilihan ketika membangun. Ada alasan yang kuat mengenai itu. Baja, terutama baja struktural adalah material yang tahan lama, awet dan terjangkau untuk berbagai macam proyek.

Untuk mereka yang tidak menyadari mengenai proses fabrikasi, itu adalah proses yang diimplementasikan untuk membangun bagian-bagian baja yang digabungkan dan dirakit untuk menjadi sebuah kerangka jadi. Kerangka itulah yang biasanya dibeli oleh perusahaan konstruksi. Material tersebut memiliki berbagai macam jenis dari ukuran dan bentuk tetapi apabila perusahaan konstruksi ingin mencari bentuk khusus yang tidak tersedia, mereka dapat memesan langsung untuk difabrikasikan sesuai kebutuhan.

Menggunakan sections, fabrikator struktur baja bisa menciptakan kerangka sambung yang sangat kuat dengan memperkuat jaring kerangka dan struktur, bergantung pada kebutuhan beban yang diperlukan. Di pabrik-pabrik baja saat ini, para profesional menggunakan AutoCAD, sebuah program komputer yang berguna untuk melakukan drafting struktur dan kerangka. Hal ini menciptakan bagian-bagian yang sangat akurat, yang menguntungkan tidak hanya pembangun tetapi juga pabrikan dari struktur baja.

Bagian dan Perangkat Umum

Terdapat beberapa bagian yang digunakan oleh fabrikator struktur baja, termasuk diantaranya pelat, penampang dan tentu saja baut-baut baja. Penampang dan pelat baja dibuat dengan spesifikasi dan ukuran tertentu, bergantung pada kebutuhan perusahaan pemesan. Pemotongan, pengelasan, pengeboran dan penggergajian adalah proses-proses yang diperlukan.

Kontraktor baja biasanya mendapatkan pelat dan penampang baja mereka dari pemasok baja yaitu perusahaan-perusahaan yang menyimpan berbagai jenis baja dalam jumlah banyak untuk memenuhi kebutuhan industri di area tersebut, diantara bagian-bagiannya meliputi:
– Pelat
– Penampang ringan
– Papan
– Sudut
– Kelongsong
– Struktur penampang
– Baut

Selain bagian-bagian umum diatas terdapat juga produk-produk “paten” yang terbuat dari kerangka baja dan biasanya menjadi produk khas dari pabrikan tersebut, diantaranya adalah pengunci, sistem pengatapan, balok, dan bagian-bagian lain diluar bagian umum yang biasanya dibuat di pabrikan kerangka baja.

Proses

Terdapat peningkatan dan perkembangan dalam hal produktifitas dan kualitas dari material baja dan konstruksi pada umumnya di seluruh dunia selama beberapa dekade belakangan ini. Pengembangan teknologi adalah mesin penggerak dari semua perkembangan ini. Dikarenakan riset yang dilakukan secara pesat oleh pabrikan ataupun institusi pendidikan, industri kerangka baja mengalami peningkatan tajam.

1. Pelat dan penampang diantarkan ke sebuah gudang baja. Dari sana lalu di proses ke alur fabrikasi yang sangat tertata dan cepat.

2. Shot blasting dapat dilakukan di tahap ini, bergantung pada keputusan dari pabrikan, hal ini dilakukan untuk mempersiapkan permukaan sebelum di cat.

3. Primer pra-fabrikasi dilakukan untuk menjaga bagian-bagian hingga dilakukannya pelapisan menggunakan cat.

4. Penampang dipotong dengan ukuran tertentu dan pelat disesuaikan dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan secara otomatis menggunakan mesin. Pemotongan dilakukan menggunakan bermacam cara, termasuk diantaranya:
– Gergaji bundar
– Gas
– Api
– Plasma

5. Pengeboran lubang-lubang.

6. Pembengkokan untuk struktur lengkung; penampang, pelat dan tabung semuanya bisa dilengkungkan.

Pengelasan

Salah satu proses terpenting dari fabrikasi baja adalah pengelasan. Proses ini akan merapatkan dan mengencangkan persendian dan sambungan dari satu bagian dengan yang lain. Beragam teknik digunakan untuk memanaskan dan mencairkan persendian di posisinya, dan material pengisi lalu digunakan untuk menyambungkan dan memperkuat persendian dan memberikan daya topang.

Pabrikan baja modern memahami bahwa proses ini sangatlah kompleks dan memerlukan presisi mulai dari awal produksi pelat hingga pengangkutan dan pengantaran semuanya harus mengikuti standar yang berlaku agar produk yang dihasilkan benar-benar sempurna dan sesuai kebutuhan. Mereka memiliki protokol manajemen kualitas dan prosedur yang harus diikuti untuk memenuhi kebutuhan industri. Pemahaman mengenai proses tentu saja akan sangat membantu bagi para pengembang ataupun perusahaan konstruksi yang bersinggungan dengan fabrikasi struktur baja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *