Baja adalah material yang semakin populer digunakan baik pada konstruksi bangunan ataupun pada perangkat rumah tangga karena kualitas dan berbagai macam bentuk pengaplikasiannya.

Kebutuhan yang semakin mendesak untuk memperhatikan dampak lingkungan dari proses industri dan konstruksi, serta meningkatnya kesadaran desainer dan operator di sektor tersebut telah menjadikan baja sebagai material yang paling sering digunakan, dikarenakan kemudahan dalam mendaur ulang material ini. Ditambah dengan kemudahan dan kecepatan dalam perakitan prefabricated structures dari material ini juga mampu menekan biaya manajemen dan tenaga kerja.

Serta, fleksibilitas dari kerangka baja dan komponen prafabrikasi memungkinkan renovasi dan upgrade dari struktur yang telah ada baik untuk peningkatan space, perluasan, peninggian, dan lainnya melalui pelepasan dan perakitan kembali dari struktur baja yang telah ada. Hal ini memungkinkan developer dan pemilik bangunan untuk dengan mudah meningkatkan kualitas bangunan mereka tanpa harus membongkar semuanya dari awal.

Image result for Konstruksi Baja Stainless

Keunggulan terakhir dan juga sangat vital terutama di Indonesia adalah kemampuan material baja untuk bertahan dari bencana alam seperti gempa bumi. Beberapa negara seperti Italia sudah mensyaratkan untuk bangunan dengan jenis tertentu untuk menggunakan material jenis ini.

Kekuatan yang disertai dengan bobot yang ringan adalah keunggulan yang akan Anda rasakan ketika melihat struktur baja yang digunakan pada proyek-proyek arsitektural megah dan berteknologi tinggi. Impian untuk mencari bentuk baru yang fleksibel dan memiliki keleluasaan dalam penggunaan ruang, telah meningkatkan penggunaan baja dalam konstruksi modern yang karena kekuatan dan kemudahaan penggunaannya menjadikan bangunan gedung modern memiliki space yang lebih longgar tanpa mengurangi daya tahannya.

Baca Juga : Jenis-jenis Struktur Frame Baja

Karenanya, material baja menjadi amat populer di bidang konstruksi, dimana material ini dapat digunakan di berbagai macam proyek. Salah satu contohnya adalah ventilated facades, tembok yang terlihat indah tetapi sekaligus menjadi pelindung dari bangunan tersebut, dengan teknologi yang ada, mampu meningkatkan nilai arsitektur bahkan pada bangunan yang tidak terlalu menarik secara estetis. Perencanaan dan penggunaan yang cermat dari material ini sangat penting untuk menjamin hasil akhir yang halus, rata baik secara horizontal dan vertikal, dan juga awet dalam jangka panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *