Perlukah Sebuah Jasa Arsitek?

Membangun suatu bangunan, baik itu bangunan skala kecil seperti pos satpam, bukanlah suatu hal yang sederhana. Ada banyak hal yang perlu dipikirkan. Pertama, berapakah luasnya? Pertanyaan ini menimbulkan pertanyaan balik? Ada berapa satpam yang akan berjaga di pos tersebut? Satu atau dua atau tiga? Berapa lama dia akan “berjaga” di situ? Apakah dia akan duduk di sana selama beberapa jam atau dia akan berdiri dan mondar-mandir untuk berpatroli? Akankah ada fasilitas yang akan ditaruh di sana seperti misalnya meja untuk mencatat sesuatu; sebuah atau dua buah kursi; televisi, lemari kecil untuk peralatan keamanan, dll.

Mungkin beberapa hal berikut ini dapat menjadi pertimbangan Anda untuk memakai jasa arsitek.

1. ARSITEK MENGANALISIS KEBUTUHAN DAN KEINGINAN ANDA

​Dalam merencanakan pembangunan, biasanya Anda telah memiliki gambaran awal kebutuhan dan keinginan, misalnya kebutuhan jumlah ruang, fungsi ruang, keinginan kualitas, dsb. Kemudian, arsitek akan menganalisis lebih dalam lagi kebutuhan-kebutuhan yang mungkin belum Anda sadari. Misalkan, kebutuhan terkait aspek psikologis, kenyamanan ruang, pencahayaan, penghawaan, tingkat privasi, kebisingan, keamanan, efisiensi dan efektivitas ruang, dan sebagainya. Tentu tidak dapat disamakan mendesain untuk keluarga muda yang baru akan memiliki anak dengan keluarga besar yang terdapat banyak anggota keluarga dewasa di dalam rumah, lain pula saat mendesain untuk seorang yang sudah berusia lanjut, baik terkait luasan ruang, aksesibilitas, keamanan dan kemudahan beraktivitas.

2. ARSITEK MEMBANTU ANDA BERHEMAT

​Sering kali keluar pandangan jika pakai arsitek jadi keluar uang tambahan yang tidak sedikit, lebih baik langsung pakai jasa borongan atau tukang saja langsung. Namun justru dengan memakai arsitek, Anda akan berhemat sangat banyak. Arsitek merencanakan bagi Anda desain yang tidak hanya dihuni saat ini saja, tetapi juga merencanakan jauh kedepan, dan mempertimbangkan kemungkinan-kemungkinan renovasi atau penambahan ruang di masa depan. Misal saat ini Anda baru memiliki seorang anak bayi, arsitek akan merencanakan ide dan desain hingga bagaimana saat anak Anda sudah besar dan memerlukan tambahan ruang atau kebutuhan lain baginya, sehingga saat kemudian hari anda akan merenovasi tidak perlu keluar biaya banyak karena harus merobohkan bangunan lama atau tidak memiliki area persiapan untuk penambahan ruang. Aspek lainnya, arsitek dapat membantu Anda  terkait pemilihan material dan teknologi yang lebih murah, lebih berkualitas, atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Maka Anda tidak harus sering membongkar pasang material Anda di kemudian hari hanya karena tidak sesuai, tidak nyaman, atau tidak aman.

Baca Juga : Elemen Struktur Bangunan

3. ARSITEK MEREKOMENDASIKAN TIM PELAKSANA PROYEK BERKUALITAS

​Mungkin Anda belum memiliki atau memutuskan tim pelaksana pembangunan untuk rancangan desain Anda atau rancangan dari Arsitek. Arsitek memiliki koneksi dan pengetahuan yang dapat membantu Anda memilih dan menjadi penghubung  dengan tim kontraktor, mekanikal elektrikal, struktur, material, bahkan tukang bangunan yang tepat sesuai kebutuhan rancangan. Arsitek juga dapat membantu mengawasi dan mengkoordinasikan tim-tim tersebut selama proses pembangunan agar terbangun sesuai desain yang direncanakan, serta membantu memberikan solusi-solusi terkait permasalahan detail desain dalam pelaksanaan pembangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *