Persyaratan dalam Pembangunan

Konstruksi merupakan suatu kegiatan membangun sarana maupun prasarana. Dalam sebuah bidang arsitektur atau teknik sipil, sebuah konstruksi juga dikenal sebagai bangunan atau satuan infrastruktur pada sebuah area atau pada beberapa area. Secara ringkas konstruksi didefinisikan sebagai objek keseluruhan bangunan yang terdiri dari bagian-bagian struktur. Misal, Konstruksi Struktur Bangunan adalah bentuk/bangun secara keseluruhan dari struktur bangunan. contoh lain: Konstruksi Jalan Raya, Konstruksi Jembatan, Konstruksi Kapal, dan lain lain.

Setiap bangunan merupakan suatu yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan satu sama lain, untuk mendapatkan konstruksi yang stabil ditinjau dari segi susunanya. bangunan gedung dapat dibagi menjadi 2, yaitu :

1. Bangunan bawah
yaitu bangunan-bangunan yang terletak dibawah permukaan lantai/ bagian bangunan yang ada di dalam tanah, seperti balok beton (sloof) dan pondasi (pondamen). bangunan bawah ini dimaksudkan untuk menahan seluruh berat bangunan yang berada di atasnya termasuk berat pondasi itu sendiri dan berat tanah yang langsung diatas pondasi. dengan demikian pondasi mempunyai hubungan dasar tanah keras dibawahnya. karena pondasi harus memikul beratnya sendiri dan berat bangunan yang ada di atasnya, maka konstruksi pondasi harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
Konstruksi pondasi harus terletak di atas lapisan tanah keras yang tidak mengandung humus
Konstruksi pondasi harus mempunyai ukuran yang sesuai sehingga tanah cukup kuat menahan beban.
Konstruksi pondasi harus cukup kuat, sehingga tidak akan pecah karena muatan yang bekerja pada pondasi. dan untuk bangunan-bangunan yang berat harus dihitung secara cermat dengan ilmu pondasi.

Baca Juga : Pencegahan Kecelakaan konstruksi

2. Bangunan atas
yaitu bagian-bagian yang berada di atas permukaan lantai seperti tembok di atasnya, pintu, jendela, kolom-kolom, balok cincin, beserta bagian-bagianya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *